Tuesday, 26 April 2016

RESEP KUE BAWANG KEJU a.k.a CHEESE STICK

Kue bawang adalah salah satu cemilan yang wajib ada di meja tamu kami ketika lebaran datang.
Biasanya dulu ibu menyuruh orang untuk membuatkannya. Tapi setelah aku nikah dan punya alat sendiri apa salahnya buat mencoba snack yang satu ini. Akhirnya dapat resep yang enak dan gurih banget. Resep ini aku dapat dari mbak diah didi. Beliau pemilik blok Diahdidi kitchen. Gak usah diragukan lagi rasanya...heee, cuma ya itu repot banget ternyata. Jadi alat gilingan mie yang akan digunakan ini ternyata harus dikaitkan sama meja atau apalah yang bisa digunakan, biar nanti waktu kita mengobel alatnya gak jatuh mengenai kaki kita...kebayangkan sakitnya gimana..huhu..
Nah biar kekinian kue bawang ini dikasih keju atau nama kerennya cheese stick. Jasmine saja suka cemal cemilin, trus ada anak temanku yg bertamu dirumah, dia juga doyan banget sampe-sampe aku bungkuskan. Penasaran resepnya apa...yuk kita buat.

Bahan :
( sumber diahdidi kitchen)

200gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung tapioka
2 butir telur utuh
1 bungkus kecil kaldu ayam
Keju parut 100gram
Bawang merah 6 butir ( dihaluskan )
Baking powder 1/2 sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bahan hingga menggumpal, ambil segenggam adonan pipihkan pake tangan / rolling pin, masukkan ke dalam gilingan mie yang disetting agak lebar lubangnya, trus diulangi lagi menggilingnya hingga adonannya menjadi lempeng dan halus, kemudian persempit lubang mienya agar adonan menjadi tipis, begitu seterusnya sampe adonan habis. Setelah itu adonan yang lempeng, tipis dan halus tadi digiling ke cetakan mie, pake nomer yang paling besar agar jadinya besar besar juga. Jangan lupa ditaburi tepung terigu sedikit ya biar tidak lengket satu sama lain adonan yang sudah jadi tersebut. Goreng diminyak yang banyak, dengan api yang kecil agar tidak gosong.

Note : Kenapa kok memakai bawang merah bukan bawang putih? Karena bawang merah inilah yang membuat rasa kue bawang ini tambah enak dan sedap. Coba deh kalau gak percaya.



No comments:

Post a comment